Senin, 04 Juli 2011

Rakyat Muda yang Suka Berkarya


Nama Sir Lord Stephenson Smyth Baden Of Gilwell tidak asing lagi di telinga kita. Beliau adalah pencetus gagasan untuk mendirikan kepanduan yang di akui oleh dunia. Kemudian istilah kepanduan di negara kita dikenal dengan PRAMUKA. PRAMUKA itu merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti Rakyat Muda yang Suka Berkarya.


Pada hakikatnya, Gerakan PRAMUKA di arahkan untuk melatih keberanian, keuletan, kedisiplinan serta ketangguhan dalam mengembangkan potensi seseorang. Gerakan ini diselenggarakan atas dasar “dari”, “oleh”, dan “untuk” anggota itu sendiri, atas dasar musyawarah mufakat demi kepentingan bersama. Disini seseorang dicetak dan digembleng agar kelak menjadi seorang kader muda yang dapat di amalkan.



Kita tidak mungkin dapat menikmati kemerdekaan tanpa adanya perjuangan dari para leluhur kita dengan didasari oleh idealisme yang tegar dan kukuh. Demikian juga untuk menciptakan kesejahteraan dan kejayaan generasi mendatang. Kita harus berani “catut tali wonda” melepas segala kemalasan, menyisingkan lengan baju. Kini saatnya kita berkarya untuk negeri ini. John F. Kennedy pernah berkata, “Jangan pernah kau tanyakan apa yang telah diberikan negaramu kepadamu, tetapi tanyakan pada dirimu, apa yang telah kau berikan kepada negaramu”. Hidup – hidupkanlah Gerakan PRAMUKA, jangan kalian cari penghidupan di PRAMUKA.


Semoga tulisan yang tak berharga ini menjadi pendorong untuk menggapai cita – cita. Ingat tak ada kebahagiaan tanpa perjuangan, tak ada kemerdekaan tanpa tetesan darah. Demikian pula, barang kali tidak ada lagi PRAMUKA tanpa generasi muda yang berkarya.( Aliscandel )

0 komentar:

Posting Komentar