Selasa, 15 November 2011

Makna Tower MAPRAMDA




Banyak cara yang di lakukan untuk memperkenalkan kegiatan suatu organisasi. Hal yang menarik dan setiap tahun di lakukan oleh pramuka SMA N 2 Pare yaitu pembuatan tower MAPRAMDA. MAPRAMDA sendiri singkatan dari malam penerimaan pramuka penegak SMA N 2 Pare yang tujuannya untuk pindah alih golongan penggalang ke golongan penegak. Satu hal yng menarik dan menjadi ciri khusus kegiatan MAPRAMDA adalah tower mapramda. Sebenarnya tujuan utama adanya tower MAPRAMDA adalah sebagai media marketing untuk memperkenalkan pramuka SMADA (SMA N 2) Pare. Namun lebih dari itu pembangunan tower bagi anggota pramuka SMADA untuk menciptakan kebersaan dan kekompakan sebelum menggadakan kegiatan MAPRAMDA. Mustahil bila mapramda hanya di kerjakan 2 orang saja. Minimal 4 orang plus MAS DIN (Pembina satuan). Actor penting dan menjadi kunci utama dalam pembuatan tower ini adalah beliau. Beliau sangat mahir dalam pembuatan model-model tower sekaligus cara membangunnya. Bahkan untuk bambu yang akan di jadikan tower kita pilih dan tebang sendiri. Tiap tahun tower yang di tampilkan pun berbeda dan mempunyai cirri khas sesuai kegiatan MAPRAMDA. Memang selama ini yang jadi kendala dalam pengadaan tower yaitu dana dari MAPRAMDA dari pihak sekolahan kurang mendukung tentang pengadaan tower. Memang dengan adanya tantangan dan hambatan menjadi warna dan pengalaman yang berharga bagi panitia penyelenggara MAPRAMDA. Mulai dari sulitnya membuat konsep kegiatan, mendapatkan tanda tangan Pembina gudep yang menjadi masalah klasik tiap tahunnya.
Bercerita tentang tower banyak hal yang menarik untuk di bahas. Memang sejarah adanya tower kapan di mulai dan latar bekangnya seperti apa memang belum jelas di ketahui. Namun yang pasti tower menjadi cirri khas dalam MAPRAMDA dan menjadi icon sekalikus media marketing dalam memperkenalkan pramuka SMADA. Memang tiap tahun mempunyai bentuk sekaligus ukuran yang berbeda sehingga bambu yang di perlukan pun berbeda.
Berikut beberapa tower yang di tampilkan :
ini adalah tower pada tahun 2008. tower ini diperkirakan lebih dari 15 meter . tower ini berada di lapangan sepak bola yang berada di belakang. salah satu isi spanduk permintaan khusus dari Mas Din yang berisi "Ojo Dumeh". sebenarnya pesan ini ingin di sampaikan kepada para sisiwa baru yang mengikuti kegiatan MAPRAMDA. tower ini di selesaikan dalam waktu 4 hari.

ini adalah tower pada mapramda tahun 2007. tempat tower ini berada di samping lapangan bola basket. tewer ini diselesaikan dalam waktu 4 hari.(aliscandel)

0 komentar:

Posting Komentar