Rabu, 16 November 2011

Camp Of Scout Entrepreneurship 2011


Alhamdulillah setelah vacum dari kegiatan pramuka lebih dari 1 tahun akirnya bisa kembali menikmati kegiatan pramuka langsung lingkup nasional. Kegiatan Camp Of Scout Entrepreneurship 2011dilaksanakan oleh universitas adi buana (UNIPA) Surabaya pada tanggal 8-12 desember 2010. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara UNIPA dengan DIKTI yang mengarah pada pengetahuan tentang entrepreneurship. Pesertanya dari berbagai daaerah mulai dari jawa timur, jawa tengah,Jogjakarta,jawa barat,makasar,lampung dan dari daerah lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan pentingnya menjadi seorang entrepreneurship dan bisa menjadi pramuka mandiri yang siap untuk berentrepreneur.

Pada awalnya saya sempat kanget dengan kegiatan ini, mungkin karena kegiatan bagi pandega dan penegak memang berbeda serta lebih dari 1 tahun vacum dari kegiatan pramuka. Kegiatan pramuka yang pernah saya alami selalu tidur di tenda namun pada kegiatan ini kami tidur di tempat pelatihan dinas social dengan berbagai fasilitas dan jamuan yang memuaskan. Secara garis besar kegiatan kami tentang pengetahuan entrepreneurship,pembuatan bisnis plan, pengembangan soft skill serta kegiatan out bond dan kunjungan wisata.

Selain untuk pelatihan entrepreneurship kegiatan ini juga sebagai wadah memperkenalkan budaya dan makanan khas dari masing-masing daerah peserta Camp Of Scout Entrepreneurship 2011 yaitu pada saat malam Bhinika Tunggal Eka. Kegiatan kunjungan wisata kami ke daerah kampong batik jetis (sidoarjo), house of sampoerna, jembatan Suromadu, makanan nasi bebek di sumenep, seta pelatihan kerajinan daerah sumenep.

Kegiatan-kegiatan yang telah kami lakukan menjadi bekal kami kedepan untuk menjadi entrepreneurship. Memang tidak mudah menjadi seorang entrepreneur banyak sekali tantangan dan hampatan yang harus di lalui. Diperluka pribadi yang ulet, tangguh, tlaten, disiplin, kerja keras serta kreatifitas yang tinggi. Semangat berentrepreneurship….!!!!

(aliscandel)

0 komentar:

Posting Komentar